Call Us - (021) 22549987
sales@windowblind.co.id

Tips Desain Interior Anti Mainstream untuk Rumah Minimalis

Hingga kini, tren desain interior rumah minimalis masih banyak digemari.  Selain berkesan modern, jenis desain ini termasuk mudah diterapkan.  Tak heran jika desain interior minimalis menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Adapun untuk menciptakan interior modern yang minimalis tentu dibutuhkan beberapa cara dan persiapan yang matang agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Desain Rumah Minimalis

Tips Agar Interior Minimalis Terkesan Anti Mainstream

Agar tidak terkesan mainstream, kita perlu mempelajari tips dan trik penataan interior minimalis.  Salah satunya dengan mengeksplor aspek-aspek tertentu seperti penggunaan jenis tirai jendela, furniture, dan juga aksesoris ruangan.  Berbagai tips dibawah ini cukup mudah untuk diterapkan, yuk kita simak ulasannya!

1. Sentuhan Natural

Aspek pertama yang bisa ditambahkan agar desain interior rumah kita tampak berbeda adalah dengan memberikan sentuhan natural. Tidak perlu terlalu banyak unsur alam, cukup kombinasikan desain ruangan dengan dekorasi tanama hias di beberapa titik. Kehadiran tanaman di dalam desain rumah minimalis akan menciptakan kesan segar sekaligus hangat. Bukankah kesan interior minimalis biasanya terasa dingin dan kaku?

2. Padu Padan Warna Agar Tampak Kontras

Desain minimalis umumnya hadir dengan pilihan warna terbatas sehingga terkesan monoton.  Padahal bisa saja loh kita mainkan warna agar ruangan terlihat eksentrik dan hidup.  Misalnya, perpaduan ketiga warna netral ini: abu-abu, hitam, dan putih. Dinding berwarna abu, dipadukan dengan aksesoris vas dan hiasan bernuansa hitam, serta gorden minimalis berwarna putih. Penggunaan tiga warna netral sekaligus akan menimbulkan suasana dinamis meskipun masih dalam kerangka desain interior yang minimalis.

3. Terapkan Bentuk Geometri

Desain Minimalis

Bentuk geometri juga menciptakan kesan dinamis di dalam sebuah ruang.  Bentuk ini cukup identik dengan desain rumah minimalis. Namun, jika diaplikasikan berulang akan menyebabkan suasana menjadi monoton.  So, kita harus berani menggunakan modifikasi bentuk geometri.  Jika mau berupaya lebih keras, ada banyak loh perabot dan aksesoris ruang yang bentuk dasarnya adalah geometri.

4. Tambahkan Elemen Kejutan

Apa yang kita lakukan saat merasa bosan? Tentu saja melakukan kejutan atau suatu hal yang berbeda dari kebiasaan tersebut. Trik ini yang bisa kita tambahkan saat mendesain ruangan minimalis. Salah satu contoh menambahkan bentuk elemen kejutan adalah dengan menempatkan tirai jendela eksenterik di tengah ruangan minimalis. Menambahkan taman pisang-pisangan di dalam rumah bisa juga dicoba untuk menampilkan kesan kejutan ini.

5. Mainkan Pola dan Kompisisi

Kreasi pola dan komposisi adalah tips agar ruangan tidak terkesan penuh dan ramah. kita bisa gunakan pola yang terdiri dari tone warna dengan komposisi yang selaras. Misalnya penggunaan pola monokrom untuk gorden kamar minimalis, bantal, ataupun sofa.

6. Aksen Tirai

Tirai Minimalis

Untuk rumah minimalis yang memiliki plafon rendah, kita bisa gunakan trik window treatment. Caranya tempatkan tirai pada jendela yang tingginya sama dengan plafon. Otomatis akan muncul kesan lapang meski ruangan kita cukup sempit.

Kombinasikan warna tirai dengan warna dinding dan furnitur. Jika ingin terlihat eksentrik, kita bisa tambahkan aksesoris seperti ikat pinggang, pita, atau syal untuk menghiasinyaCukup simpel dan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mewujudkan aksen tirai ini.

7. Desain Terbuka

Konsep desain interior rumah minimalis yang terbuka cukup banyak diminati. Sebab konsep ini menjadikan pemilik rumah seolah tidak memiliki batasan dengan suasana di luar rumah. Kesan limitless dan back to nature sangat diminati oleh masyarakat modern yang menyukai kebebasan. Jangan lupa untuk menambahkan konsep taman yang sesuai dengan desain ruangan ya!

8. Desain Interior Minimalis Akan Lebih Hidup Dengan Menonjolkan Tekstur

Selain warna dan pola, kita bisa mengeksplorasi elemen tekstur untuk diterapkan pada desain interior minimalis. Beberapa tekstur menarik bisa kita dapatkan dari karpet, wallpaper, lantai kayu, batu alam, juga material lainnya. Tekstur cukup kuat menampilkan kesan berbeda untuk desain sebuah ruangan minimalis.

Daftar tips dan trik desain rumah minimalis diatas pasti bisa diterapkan dengan mudah. Aktivitas menata rumah akan sangat menyenangkan jika kita telah memiliki referensi penataan desain.  Agar tidak mudah bosan, yuk desain rumah kita dengan gaya yang anti mainstream!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *