Call Us - (021) 22549987
sales@temtera.com

Jarang Orang Tahu, Inilah Cara Mencuci Gorden yang Tepat

Perlengkapan interior patut diperhatikan kualitas kebersihannya dengan cara dicuci atau sekedar dibersihkan dari debu dan kotoran. Salah satu perlengkapan rumah yang harus dijaga kebersihannya adalah gorden jendela. Fungsinya yang digunakan sebagai tirai penutup seringkali membuatnya penuh dengan debu dan kotoran yang membuatnya terlihat sangat kusam dan tidak layak digunakan hingga mengganggu kesehatan. Terutama pada gorden yang berwarna cerah seperti merah muda atau putih, maka sedikit saja kotoran yang menepel akan menjadikannya terlihat sangat kusam dan jorok.

Mengingat pentingnya kebersihan gorden jendela, maka sangat wajib bagi Anda untuk mencucinya secara rutin. Adapun untuk pencucian gorden tidak boleh dilakukan dengan sembarangan atau asal-asalan, jika hal itu terjadi maka kualitas bahan gorden akan mengalami penuruan. Tak jarang teknik pencucian yang salah akan membuatnya memiliki serat yang kasar, warna memudar hingga kerusakan lainnya yang lebih fatal. Jika hal itu terjadi, maka gorden tidak dapat berfungsi dengan baik dan tidak layak lagi untuk digunakan.

3 Cara Mencuci Gorden Dengan Tepat

Dari banyaknya macam gorden yang ada maka dalam proses pencuciannya pun tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Berbeda dengan mencuci pakaian pada umumnya, gorden memiliki bahan yang tebal, ukuran yang besar dan tekstur yang berserat sehingga proses pencucian harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Yuk ikuti cara mencuci gorden dengan tepat seperti di bawah ini.

1. Sebelum Mencuci, Bersihkan Gorden dari Debu dan Kotoran dengan Vacum Cleaner

gorden vacuum cleaner

Sebelum melakukan pencucian, gorden jendela harus dibersihkan terlebih dahulu dari debu dan kotoran yang menempel menggunakan alat penyedot debu atau vacum cleaner. Jika Anda tidak memiliki alat tersebut, maka cukup kibas gorden menggunakan sapu lidi atau alat sapu yang bersih hingga debu-debu yang menempel akan rontok dan menghilang. Cara ini harus dilakukan agar proses pencucian menjadi lebih mudah nantinya.

2. Rendam Gorden dengan Air Detergen Selama Beberapa Menit

Mencuci Gorden

Setelah dibersihkan dari debu dan kotorannya yang menempel, maka biarkan gorden untuk terendam di dalam wadah berisi air yang sudah dicampurkan dengan detergen. Diamkanlah gorden selama beberapa menit hingga terlihat air bekas rendaman berubah menjadi sangat kotor, pertanda kotoran dalam gorden sudah melebur ke dalam air. Cara ini sangat penting agar debu dan kotoran yang menempel bisa benar-benar terlepas dari gorden. Saat kotoran yang membandel sudah hilang, maka saatnya beralih pada proses inti pencucian.

3. Kucek Gorden Secara Halus dan Bilas Sampai Bersih

Kucek Gorden

Setelah beberapa cara dilakukan, maka selanjutnya Anda hanya perlu mengkucek gorden secara perlahan dan lembut hingga gorden jendela benar-benar bersih secara keseluruhan. Dalam proses ini, hindari untuk menggunakan alat sikat yang kasar atau jenis alat cuci lainnya yang bertekstur keras. Perlu diingat, gorden memiliki bahan yang berbeda dari perlengkapan lainnya, pencucian yang kasar pun otomatis akan merusak kualitas gorden. Jika Anda ingin lebih praktis, bisa juga menggunakan mesin cuci yang akan mempermudah Anda dalam proses akhir pembersihan.

Namun saat menggunakan mesin cuci, hindari putaran spin yang terlalu kencang guna meminimalisir kerusakan. Jika sudah benar-benar selesai maka proses paling terakhir yaitu bilas berulangkali hingga benar-benar bersih. Saat mencuci menggunakan mesin, usahakan untuk tidak mencampurnya dengan bahan lain. Dan setalah proses inti pencucian selesai, jangan lupa untuk menjemurnya di bawah terik matahari langsung agar proses pengeringan berjalan baik dan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *